Nutrisi otak anak Terbaik

Nutrisi otak anak Terbaik

Delapan puluh persen sistem kekebalan ada di saluran pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan pencernaan terutama anak yang masih belum memiliki imun sempurna. Menghindari masalah pencernaan dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kedua, ada interaksi dua arah antara sistem pencernaan dan otak, yang dikenal sebagai sumbu usus-otak. Ketika keadaan otak mempengaruhi sistem pencernaan dan sebaliknya. Selain untuk menjaga kesehatan fisik, mencegah anak mengalami gangguan pencernaan, termasuk membantu kerja otak orang kecil. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan nutrisi otak anak yang cukup.

 Memastikan akses anak Anda ke nutrisi perkembangan adalah salah satu cara untuk mendukung perkembangan dan fungsi otak anak mereka, yang juga mendukung kesehatan pencernaan. Nutrisi apa yang dibutuhkan otak anak Anda untuk perkembangan anak Anda?

Protein

 Protein memiliki peran penting dalam mengoptimalkan kinerja otak. Selain itu, protein juga ikut andil dalam pembentukan lapisan yang menghubungkan sel-sel otak satu sama lainnya. Pembentukan sel-sel otak ini mendukung perkembangan otak anak. Anda dapat mencukupi kebutuhan protein dengan memberikan makanan yang kaya protein seperti susu dan kacang-kacangan.

Karbohidrat

Karbohidrat, didalamnya terdapat kandungan glukosa sebagai sumber energi untuk otak. Karena itu, anak Anda membutuhkan asupan karbohidrat yang tepat agar otaknya berfungsi dengan baik. Karbohidrat bisa didapat dari nasi, kentang, jagung dan lainnya yang bisa divariasikan sehingga dapat menambah selera makan anak dan nutrisi otak anak.

 Selain protein dan karbohidrat, kolin juga berperan penting dalam perkembangan otak anak usia dini, terutama pada bagian otak yang berperan dalam perkembangan kognitif, memori, dan kemampuan belajar anak dalam jangka panjang. Zinc memiliki kinerja penting untuk membentuk berbagai struktur otak yang berfungsi untuk mengatur komunikasi antar saraf. Oleh karena itu, kekurangan zinc dapat mempengaruhi daya ingat si kecil.

Selain itu, vitamin juga secara alami mengandung nutrisi perkembangan anak yang dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak yang tepat. Diantaranya adalah Vitamin E, antioksidan yang melindungi DHA, yang baik untuk otak. Selain itu, Vitamin E ditemukan di bagian otak yang berhubungan dengan memori, penglihatan, pendengaran, perkembangan bahasa, dan kemampuan belajar. Vitamin B kompleks menghasilkan bahan kimia seperti dopamin dan serotonin di otak. Vitamin 12 membantu memproduksi myelin, yang membungkus jaringan saraf otak.

 Asam folat dibutuhkan oleh anak-anak untuk mengembangkan daya ingat dan konsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu memiliki efek positif pada perkembangan otak pada anak-anak yang ibunya mendapatkan cukup asam folat selama kehamilan. Termasuk kemampuan emosionalnya.

 Asam lemak omega 3, atau DHA, adalah salah satu penyusun lapisan dalam otak. DHA berperan pada neurotransmiter di otak. Neurotransmitter berperan dalam mempromosikan koneksi saraf di otak. 50% dari otak manusia adalah lemak dan 25% dari lemak itu adalah DHA. Tentu masih banyak nutrisi otak anak lainnya yang dapat mendukung perkembangan otak. Misalnya besi. Jadi pastikan si kecil selalu mengonsumsi makanan yang seimbang dari berbagai jenis makanan ya Moms. Ingatlah bahwa pencernaan yang sehat penting untuk membantu proses penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Karena itu selalu menyelamatkan anak Anda dari masalah pencernaan, Moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *