Kenali Lebih Dekat Pengertian UX Design

UX Design menjadi salah satu faktor yang penting dalam perkembangan bisnis Anda. Apapun jenis bisnisnya, keberadaan UX akan jadi pelengkap UI sehingga pengguna bisa merasakan manfaat dari website Anda, bahkan mendapatkan insight baik di dalamnya.

Kenali Lebih Dekat Pengertian UX Design

Jika Anda masih awam dengan UX desain, kini saatnya berkenalan lebih dekat. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan UX, serta upaya untuk mengembangkannya demi kenyamanan konsumen.

Keunggulan UX untuk Pengalaman Pengguna

Salah satu keunggulan UX yakni memiliki orientasi pada user. Fokus utamanya yakni menciptakan hubungan baik pada dua belah pihak: pengguna dan pemilik akun. Keberadaan UX sangat berpengaruh kepada pengalama konsumen, sehingga dinamakan user experience.

Lebih ringkas, dapat dikatakan bahwa UX juga akan berpengaruh pada kenyamanan pengguna. Maka ada hal-hal yang perlu dicermati agar konsumen bisa merasakan manfaatnya secara utuh.

Fitur Kenyaman yang Harus Dimiliki UX Desain

Di antara beberapa hal yang perlu dikembangkan untuk UX design yang lebih maksimal yakni faktor kenyamanan. Anda bisa melakukan riset pasar terkait software atau komponen yang akan melengkapi konten pada website Anda.

Hal tersebut akan jadi pegangan ketika mengembangkan jenis kontrol baru di dalam website yang berkaitan dengan UX. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang bisa Anda kembangkan demi kenyaman user dalam menggunakan website atau aplikasi Anda.

  1. Usable : website harus mudah digunakan dan tidak memusingkan
  2. Findable: website harus mudah ditemukan, tak membuat bingung user.
  3. Accessible

Kemudahan akses jadi salah satu keunggulan UX yang harus ada dan tidak boleh diabaikan. Jika website mudah diakses, maka peluang dapatkan konsumen juga akan semakin besar.

  1. Credible

Website harus kredibel dan profesional, sehingga penciptakan trust konsumen Anda.

Akses untuk kredibilitas ini bisa meliputi logo perusahaan, navigation bar, kotak pencarian, hingga gambar utama yang akan dipajang di dalam situs. Anda bisa menambahkan konten berupa kontak dan CTA (call to action) pada halaman situs.

Ketika UX design benar-benar dipergunakan sesuai dengan porsi dan kapasitasnya, maka manfaatnya juga akan menular pada software yang lain. Hal ini tentu akan baik untuk perusahaan Anda, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *