Catat! Perbedaan Espresso dan Americano Penikmat Kopi Harus Tahu

Catat! Perbedaan Espresso dan Americano Penikmat Kopi Harus Tahu

Apakah Anda mengetahui perbedaan espresso dan americano? Dua jenis sajian kopi yang selalu ada pada cafe kopi. Terlebih jika pelanggan meminta minuman yang pahit, khas, dan pekat, kemungkinan besar akan ditawarkan kedua jenis ini.

Sebagai pecinta kopi jangan sampai Anda mengalami kebingungan ketika akan meng ordernya. Pasalnya kedua sajin ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Untuk lebih lanjutnya, simak pembahasan berikut di bawah ini.

Mengenal Perbedaan Espresso dan Americano

Mungkin Anda sudah paham betul bahwa espresso adalah olahan minum kopi dari Italia. Namun, itu belum menjamin bisa menjelaskan sedetail mungkin tentang  perbedaan espresso dan americano.

Secara singkatnya sebenarnya americano terbuat dari espresso yang diberikan tambahan air panas dalam jumlah tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa larutan espresso merupakan bahan baku utama dari pembuatan americano.

Mungkin terlintas dalam pikiran Anda bahwa ada kemungkin rasa americano akan lebih ringan dibandingkan dengan espresso. Penyebab terjadi pengenceran rasa ketika barista menambahkan sejumlah air. Namun, ini sangat menarik. Walaupun bertambah banyaknya air yang jelas merubah kekentalan dan kepekatannya, tetapi tidak sampai membuat rasanya menjadi ringan.

Penyebabnya adalah dengan adanya penambahan air panas tersebut, maka kekompleksan rasa espresso akan lebih terangkat. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan kadar pahitnya berkurang sejalan dengan encernya tekstur espresso yang cenderung lebih kental. otomatis konsentrasi dalam sajian tersebut akan berkurang.

Mengenal Espresso

Dalam one shot espresso terdiri dari 30 ml cairan putih kental yang pekat. Pasalnya, sajian ini dibuat dengan menggunakan perbandingan antara 1oo gram air dengan 7 gram kopi. Espresso terdiri dari tiga bagian yang penting, yaitu yang disebut dengan “body” yang terdapat pada bagian paling bawah serta terlihat lebih gelap.

Bagian yang lebih terang berada pada tengah disebut dengan “heart”. Sementara “head’” adalah bagian teratas yang berwarna paling terang dengan busa khasnya yaitu crema. Kepala espresso mengandung busa atau gelembung yang memberikan rasa khas pada espresso.

Kandungan kafein pada espresso one shot adalah sebesar 68 mg dalam setiap sajiannya. Inilah faktor penyebab mengapa banyak orang yang sering tidak kuat meminumnya. Pasalnya sajian ini terasa lebih pahit dan kuat.

Mengenal Americano

Pada americano terjadi pengurangan kepahitan ketika adanya penambahan air panas pada espresso yang merupakan bahan bakunya. Sajian ini biasanya dinikmati dengan sesendok gula dan krim.

Sementara pada Americano yang terbuat dari one shot espresso juga memiliki kadar kafein yang sama, yaitu 68 mg. Namun, bedanya adalah tingkat kepahitan serta kekentalan yang lebih rendah dibandingkan dengan espresso. Sehingga banyak orang yang menyatakan bahwa rasa americano lebih baik dibandingkan espresso

Dengan pembahasan di atas, Anda sudah dapat mengenali perbedaan espresso dan americano. Jangan sampai nanti salah memilih ketika barista menawarkan hal yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *