3 Cara Untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat Bagi Kaum Urban

3 Cara Untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat Bagi Kaum Urban

Menerapkan pola hidup sehat menjadi kebutuhan yang seringkali terabaikan. Terutama di tengah-tengah kehidupan urban yang seringkali menuntut pemenuhan tanggung jawab. Sehingga lebih banyak yang memilih mengabaikan sinyal yang dikirimkan oleh tubuh, bahwa ia memerlukan keseimbangan baru.

Sinyal paling sering terasa adalah gejala dehidrasi dan kantu. Banyak pekerja yang berada di ruang AC mengabaikan alarm ini. Bahkan, karena kondisi ini, sering kali rasa haus terabaikan. Akibatnya  jika terlalu lama di ruang AC berpotensi menderita dehidrasi.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Penerapan pola hidup sehat sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana. Dimulai dengan kegiatan yang sederhana, misalnya membiarkan jendela kamar terbuka dan menghisap dalam-dalam udara pagi. Alih-alih bergegas mempersiapkan diri untuk memulai hari dengan terburu-buru.

Memperbaiki Pola Makan

Diakui atau tidak, gaya hidup yang serba cepat dan instan sangat mempengaruhi pola makan kaum urban. Anda mungkin lebih sering mengkonsumsi makanan yang cepat saji, dibandingkan dengan yang fresh.

Makanan berpengawet pun rasanya lebih praktis dibandingkan jika memasaknya sendiri, sebab seringkali tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. PAdahal, jika Anda cari tersedia berbagai macam menu praktis dan higienis.

Olahraga Secara Teratur dan Sesuai dengan Kebutuhan

Olahraga pada masa ini menjadi suatu gaya hidup yang membutuhkan biaya cukup mahal. Penyebabnya adalah trend berolahraga dilakukan di tempat yang mewah atau minimal gym center. tentu Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk ini.

Tidak memiliki waktu, sebenarnya bukan alasan yang tepat untuk tidak berolahraga. Aktivita sehari-hari pun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat menghabiskan kalori sebanyak olahraga tertentu.

Anda dapat mengganti aktivitas olahraga di gym dengan berjalan kaki ke tempat-tempat yang dekat. Menggunakan tangga untuk naik dan turun satu dua lantai atau bisa juga meregangkan tubuh ketika merasa lelah.

Istirahat yang Cukup

Aktivitas ini cukup sering diabaikan oleh penduduk urban karena seringkali waktu habis dalam perjalanan sebabnya adalah jarak antara rumah dan kantor terlalu jauh. Seringkali menyita 1-2 jam lamanya. Setelah itu, sampai di rumah masih harus menyelesaikan pekerjaan rumah dan bertanggung jawab terhadap keluarga.

Maka pilihan terbaiknya adalah memastikan bahwa Anda memiliki kualitas tidur yang baik, Jangan tidur terlalu larut malam, dan mencegah kantuk dengan minum kopi. Cara ini lama kelamaan akan menjadi tidak sehat, karena ada saatnya nanti tubuhmu akan tergantung pada asupan kafein.

Selain itu pula, kurang tidur dalam waktu jangka panjang akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Antara laian penuaan dini, tidak berenergi, cepat lelah, sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan akhirnya gangguan mental.

Penerapan pola hidup sehat tidakkah terlalu berat jika diawali dengan hal yang sederhana namun rutin. Dengan demikian, lama kelamaan Anda dapat meningkatkan frekuensi dan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *