Sarana Spesifik Menulis – Lockdown 2020

“Setiap bekerja, dia menyediakan 2 mesin ketik. Ia mengaku tak pernah menyimpan stok cerita, jika jari-jemarinya sudah bersentuhan menggunakan tuts mesin tik, wangsit ceritanya seakan mengalir begitu saja. Namun apabila beliau kehabisan pandangan baru atau mentok, beliau akan berpindah ke mesin ketik lain dan menciptakan cerita lain”.

Tim Tokoh Indonesia, SH. Mintardja, https://tokoh.id, 16 Maret 2011.

SH. Mintardja (1933 – 1999) adalah legenda. Ia seorang penulis cerita fiksi yang sangat produktif, dan tidak tergantikan. Dikabarkan dia telah menulis lebih menurut 400 cerita. Cerita berseri terpanjangnya merupakan  Api pada Bukit Menoreh yg terdiri menurut 396 buku. Di antara cerita yg melegenda karya SH. Mintardja merupakan Nagasasra Sabuk Inten. Kisah lainnya yang pula terkenal merupakan Suramnya Bayang-Bayang, Sayap-Sayap Terkembang, Matahari Esok Pagi, & lain sebagainya.

Setiapmalam SH. Mintardja harus menyerahkan naskah kepada 2 koran yang tidak selaras. Halseperti ini berlangsung bertahun-tahun, sampai tiba masa sakit dan wafatnya ditahun 1999. Luar biasa produktif pada menulis, meskipun hanya berbekal mesinketik manual jadul yang setia menemaninya menghasilkan ratusan karya. Bahkansaat mulai terdapat komputer dan laptop, ia permanen memilih mesin ketik manualkesayangannya, lantaran itulah alat yg paling nyaman & paling akrab bagidirinya buat menghasilkan karya tulis.

Inilahsarana khusus bagi seorang SH. Mintardja buat menulis —yaitu 2 butir mesinketik manual. Mesin ketik jadul dan tua, namun sangat setia.

Setelahanda mempunyai ZWM (Zona MaktuMenulis) dan ZTM (ZonaTempat Menulis), maka milikilah Susu Kental Manis —Sarana Khusus untuk Menulis. Saranaini sanggup berwujud apapun yang memudahkan anda buat menulis. Bisa sebuahkomputer (personal computer / PC) pada rumah, pada tempat kerja, atau laptop, netbook,tablet, ipad, iphone atau apapun, termasuk sarana menulis paling antik yaitubuku tulis dan pena, atau mesin ketik jadul, atau apapun. Yang krusial andaakrab & gampang menggunakannya.

Adasebuah pertanyaan dalam web Seoclerk (https://www.seoclerk.com)dalam tanggal 18 Mei 2017 kemudian, “What is your favorite device?” Ada relatif banyakjawaban berdasarkan netizen. Vinaya menjawab, perangkat favoritnya adalah laptop. Omnitus0407menjawab, lebih senang PC. Tronia memilih PC & smartphone. Shortie861 mengakulebih nyaman dengan laptop. Dejah0987 menjawab, sukamenggunakan Iphone 7. Nah,keragaman jawaban ini menandakan, masing-masing kita memiliki kebiasaan dankenyamanan yang khas pada memilih sarana menulis.

Masing-masingkita mampu mempunyai lebih berdasarkan satu wahana, tetapi saya sarankan ada satu saranayang lebih anda khususkan untuk menulis. Gunanya, agar terbentuk asosiasi daningatan buat memulai menulis setiap kali melihat wahana tersebut. apabila andabelum memiliki sesuatu wahana buat menulis, anda perlu modal buat membeli saranatersebut. Saya pernah membeli laptop bekas seharga satu juta rupiah, danalhamdulillah sanggup menuntaskan beberapa buah buku.

Padamasa pandemi Covid-19 saat ini, saya menulis menggunakan laptop bermerk “A”berwarna hitam ukuran layar 14 inchi. Saya menyingkat menggunakan AH-14, yaitu laptopmerk A, berwarna hitam, ukuran 14 inchi. Inilah wahana khusus bagi saya untukmenulis. Di luar itu, gw mampu menulis dengan wahana apapun. Tetapi laptop AH-14inilah yang menemani berbagai kegiatan saya.

TentukanSarana Khusus Menulis yg Paling Nyaman Bagi Anda

Tugasanda di poin ini, tentukan SKM (Sarana Khusus Menulis) yg paling nyaman danpaling gampang bagi anda. Tentu boleh lebih dari satu.

Saya menulis menggunakan _______________________

Cobadiulang berdasarkan awal. Anda telah memiliki ZWM —waktu spesifik buat menulis. Andasudah menetapkan ZTM —tempat spesifik buat menulis. Anda sudah memiliki SKM—sarana khusus buat menulis. Itu semua akan memberikan suatu ingatan danmenguatkan asosiasi untuk selalu menulis. Setiap ketemu ketika ZWM Anda, setiapmelihat & mendatangi tempat ZTM Anda, setiap melihat wahana SKM Anda, makaAnda pasti selalu teringatkan mengenai aktivitas menulis.

Inilahyang sering saya sebut sebagai “Tiga Asosiasi Menulis” (TAM). Tiga hal yangakan menciptakan Anda selalu terasosiasi dengan kegiatan menulis. Jika Anda bertemuZWM, Anda eksklusif ingat —ketika menulis sudah datang, dimanapun Anda berada.Jika Anda berada dalam ZTM, Anda eksklusif ingat —tempat menulis sudah tersedia,pukul berapapun saat itu. apabila Anda melihat Susu Kental Manis, Anda langsung ingat —sarana menulistelah tersedia, dimanapun dan pukul berapapun waktu itu.

Maka,saat ketiganya bertemu pada satu kesempatan —dalam ZWM yang telah Andatentukan, Anda berada pada ZTM yg telah Anda pilih, dan Anda melihat SKM yangAnda miliki—- komplit sudah. Tiga dorongan menulis eksklusif Anda dapatkan diwaktu yang sama. Ini menjadikan gairah menulis Anda nir terkendali. Jika ritmeini telah mampu Anda rasakan, maka sungguh Anda telah sebagai seseorang penulis.

SetelahAnda lancar menulis, maka asosiasi ZWM, ZTM dan Susu Kental Manis tak lagi penting bagi Anda.Ketiga asosiasi ini merupakan cara menjaga disiplin menulis bagi para pemula danpara pembelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *