Mesin Kantor: Pengertian, Manfaat, Jenis & Pemeliharaan

Selamat Datang para Administrator Muda Indonesia . Kali ini penulis akan membahas tentang Mesin kantor beserta manfaat , jenis, pemeliharaan atau perawatannya serta hal – hal yg wajibdiperhatikan dalam menentukan mesin tempat kerja . Baiklah langsung saja scroll down .Pengertian Mesin Kantor

Mesin tempat kerja artinya suatu perlengkapan yang berupa peralatan – perlatan yg biasa dipakai menjadi loka buat mengumpulkan / menghimpun , mencatat , serta mengolah bahan – bahan ataupun data dalam aktivitas ketata usahaan yg cara bekerjanya memakai energi elektrtik ataupun magnetik .

Menurut wursanto , mesin tempat kerja merupakan sebuah alat-alat yang sifatnya mekanik , magnetis ataupun elektris yang umumnya digunakan buat mengumpulkan , mengetik , menggandakan dan mengirim suatu warta kepada forum yang diperlukan atau yg saling berkaitan .

Jadi , menurut pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pengertian Mesin – Mesin kantor adalah sebuah alat-alat yg bersifat eletrik yang biasa dipakai dalam aktivitas administrasi generik misalnya , catat mecatat, mengetik , menggandakan dokumen dan mengirimkan dokumen demi tercapainya tujuan perusahaan atau instansi .Manfaat Mesin Kantor

Berikut ini merupakan mafaat yg didapat bila sebuah organisasi atau perusahaan menggunakan mesin kantor, yaitu :Mesin tempat kerja dapat membantu aktivitas dan pekerjaan kantor lebih efektif dan efisienMesin tempat kerja dapat Meningkatkan produktivitas pekerjaanMesin tempat kerja bisa Mempermudah dan meningkatkan kecepatan aktivitas atau aktivitas operasional kantorMesin kantor memiliki nilai aset alat-alat kantor

Pemeliharaan Mesin Kantor

Pemeliharaan atau perawatan sebuah mesin adalah usaha yang dilakukan buat mempertahankan keadaan & kondisi fisik maupun non fisik mesin dalam keadaan baik & prima terhadap benda atau mesin berkecimpung atau tidak dalam kurun ketika tertentu

Berdasarkan kurun ketika, pemeliharaan & perawatan mesin kantor bisa dibagi sebagai dua bagian, yaitu :

Merupakan kegiatan pengecekan, pemeliharaan dan perawatan yg dilakukan setiap hari oleh pegawai yang memakai mesin tersebut. Pegawai yg bersangkutan memiliki tanggung jawab berdasarkan sebelum, waktu, dan sehabis penggunaan terhadap mesin kantor tadi .

Merupakan kegiatan pengecekan , pemeliharaan dan perawatan yg dilakukan pada jangka ketika yang sudah dipengaruhi bersama atau yang sudah ditetapkam , misalnya pemeliharaan 1 kali seminggu, 1 kali sebulan 1 kali setahun atau yang lainnya. Ini tergantung berdasarkan kebijakan dan konvensi beserta menurut pimpinan perusahaan . Pemeliharaan atau perawatan pada mesin tempat kerja seperti ini umumnya dilakukan oleh para pengguna / pegawai pemakai mesin tempat kerja tersebut atau jua sanggup meminta donasi dengan orang lain misalnya petugas teknisinya .Manfaat Pemeliharaan Mesin Kantor

Ada beberapa manfaat yang diperoleh pada pemeliharaan atau perawatan yg dilakukan terhadap mesin kantor, yaitu :Cara buat menghindari kerusakan atau gangguan dini pada mesinMenurunkan porto pengadaaan karna usia pemakaian mesin lebih panjangUpaya pencegahan dari kehilangan lantaran dipakai secara terus menerus / kontinuUpaya pencegahan berdasarkan usaha penyimpanan yg tidak terkendali

Jenis jenis Mesin Kantor

secara generik terdapat tiga jenis-jenis mesin kantor , yaitu :

1. Jenis mesin kantor dari energi penggerakMesin manual , Merupakan mesin tempat kerja yg dalam pengoperasian atau penggunaannya menggunakan energi manusia , seperti kalkulator, stapler, pelubang kertas, dll.Mesin kantor kuat listrik/elektrik, Merupakan mesin yg pengoperasiannya dilakukan dengan memakai daya menurut listrik. Contoh mesin kantor elektrik misalnya laptop, komputer, printer, mesin fotocopy, kipas / ac , dll.

dua. Jenis mesin kantor dari cara kerja komponen mesinMesin mekanis , Merupakan mesin yg mana sistemnya beroperasi dalam saat digunakan saja , dan juga mesin seperti ini sanggup digerakkan secara sistem manual atau juga menggunakan memakai daya listrikMesin elektronik , Merupakan mesin yang sistemnya teraliri daya arus listrik dan terdiri dari bahasa mesin, mesin seperti ini hanya dapat digunakan jika dialiri menggunakan daya listrik saja .

3. Jenis mesin kantor dari fungsinyaMesin penghimpun data dan keterangan ( stapler) , pemisah (pemotong kertas atau kater), pengolah data (personal komputeratau laptop), Mesin pencatat data dan warta (faximile), mesin pengganda (printer dan mesin fotocopy )dan lainnya .Hal – hal yg wajibdiperhatikan dalam memilih mesin kantor .

Menurut Drs. Moekijat terdapat 12 hal – hal yg harus diperhatikan dalam menentukan mesin tempat kerja , yaitu :Mesin yang akan digunakan harus benar – benar pada perlukan / digunakan .Mesin nya harus berjenis simpel .Mesin tsb dapat mengurangi porto pekerjaan .Mesin tersebut dapat meningkatkan kecepatan perkerjaan .Mutu mesin wajibsahih benar mengagumkan .Mesin tersebut dapat mengurangi kesulitan dalam bekerja .Mesin tadi bisa dipakai buat bermacam – macam pekerjaan .Pemeliharaan mesin tadi dapat dilaksanakan dengan gampang .Mesin tadi dapat digunakan sinkron mutu pegawai .Perlatihan buat memakai mesin bisa dilaksanakan menggunakan gampang .Mesin wajibcocok dengan perkerjaan .Menyediakan ruangan kantor buat mesin tersebutFactor – factor yang wajibdiperhatikan dalam menentukan  mesin tempat kerja .

Ada 12 faktor – factor yg harus diperhatikan pada menentukan mesin-mesin kantor , yaitu :Cara penyelesaian dan pekerjaannya .Kebutuhan pegawai .Penghematan jumlah dan nilai ketika .Fleksibelitas penggunaan .Harga penanaman kapital .Kemampuan kesatuan / perusahaan ( instansi ) .Nilai kemudahan .Referensi pegawai .Pengaruh terhadap syarat – syarat pegawai .Ramalan mengenai beban kerja .Kualitas pekerjaan .Keperluan buat salinan data & stabilitas .Keuntungan dan kerugian pemakaian mesin – mesin tempat kerja .• Keuntungan .Untuk penghematan energi pegawai .Untuk penghematan waktu .Meningkatkan penelitian dan mutu berdasarkan pekerjaan .Mengurangi rasa beban pegawai .Mencegah dari penyalahgunaan , model : mesin untuk menulis cepat .• Kerugian .Mesin tidak bisa bekerja waktu diperlukan kecerdasan tinggi .Tingkat penyusutan mesin lebih tinggi .Biaya barang – barang keperluan kantor jarang terlihat ..Sulit mendapat operator mesin yang cakap .

Sekian warta berdasarkan Penulis Mesin tempat kerja bersama manfaat , jenis, pemeliharaan atau perawatannya serta hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih mesin kantor.

Semoga apa yg penulis sampaikan dalam artikel ini dapat berguna bagi sahabat – sahabat semua yang sedang dalam menumpuh pendidikan atau sedang menambah ilmu pengetahuan.

Bagi kalian yang ini mengikuti jejak website ini & ingin terus menerima notifikasi dari update nya website ini, silahkan klik laman facebook dibawah ini dan klik ikuti agar kalian menerima notifikasi artikel baru berdasarkan website ini . Sekian .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *