Panduan Menentukan Mesin Absensi – Jasa Konsultan It – Mentari Semesta

Pada waktu ini, mesin absensi sudah menjadi bagian sehari-hari dalm sebuah pekerjaan. Mesin ini banyak dipakai pada poly perusahaan. Hal ini sebanding menggunakan banyaknya penjual baik dealer, agen maupun distributor retail mesin absen. Membeli mesin absensi sam menggunakan melakukan investasi sebagai akibatnya Anda wajiblebih jeli dalam memperhitungkan dan membandingkan produk hingga pelayanan purna jualnya. Jangan mudah tergiur dengan harga, insentif, diskonatau cash back apabila produk dan purna jual yg nir sebanding. Untuk memudahkan Anda, berikut merupakan panduan menentukan absensi terbaik buat perusahaan Anda:

1. Mengetahui Kelebihan, Kekurangan, & Cara Memakai Setiap Mesin Absensi

Mesin absensi memiliki poly jenis dan jua banyak sekali bahan lantaran perkembangan teknologi yg semakin canggih. Selain itu, mesin absensi ini jua memiliki poly tipe seperti bisa mendeteksi sidik jari, paras, & juga terdapat yg sudah berbasis web. Dengan banyaknya jenis, bahan, & juga tipe, hal ini membuat mesin absensi tadi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai jenis, kelebihan, kekurangan & pula cara menggunakan masing-masing mesin absen yang ada ketika ini:

Mesin Absensi Kartu Manual

Salah satu jenis alat penghitung ketika kerja para karyawan yang paling tua merupakan jenis mesin absensi kartu manual.Pada umunya, mesin absensi kartu manual sering disebut menggunakan “mesin ceklok” sang para penggunanya. Mesin absensi ini masih memakai cara yang tradisional, yaitu menggunakan cara menidentifikasi kehadiran karyawan pada sebuah perusahaan atau bisnis melalui kartu absen biasa.

Ciri menurut mesin absensi ini merupakan memiliki lubang pada bagian atas yang bertujuan buat memasukkan kartu absen yang dimiliki oleh para pegawai dan terdapat jam analog yang memberitahuakn waktu absensi. Ketika para pegawai memasukkan kartu tersebut pada lubang tersebut maka ketika mereka masuk dan pulang kerja akan tercetak dalam kartu tadi.

Kelebihan mesin absensi kartu manual

Memiliki harga yg terjangkau

Dengan harga yang relatif murah, mesin absensi jenis ini sangat cocok dipakai bagi perusahaan berskala kecil yg mempunyai jumlah pegawai antara 10 hingga 50 orang.

Pencetakan waktu secara real time

Mesin absensi ini jua bisa memberikan warta secara real time mengenai hari, tanggal dan jua pada jam berapa karyawan tersebut masuk dan pergi kerja karena seluruh kabar tersebut langsung tercetak di kartu absensi mereka.

Kekurangan mesin absensi kartu manual

Pendataan pegawai yang masih menggunakan cara manual adalah kegiatan yg relatif bikin capek. Hal ini akan menciptakan pihak yang terkait seperti HRD akan membutuhkan saat yg usang untuk menciptakan laporan mengenai absensi para pegawai yg ada dalam perusahaan tersebut.

Menghabiskan terlalu poly kertas

Jenis mesin absensi kartu manual ini memakai kertas buat setiap pencatatannya, hal ini membuat penggunaan kertas semakin boros dan juga nir ramah lingkungan.

Rentan terjadi kecurangan

Selain nir simpel & nir efisien, mesin absensi kartu manual juga rawan akan terjadinya kecurangan. Para pegawai umumnya akan menitipkan kartu absensi milik mereka pada temannya apabila mereka telat ke kantor tetapi absensi mereka akan permanen terlihat masuk tepat ketika.

Cara memakai mesin absensi kartu manual

Pegawai akan diberi kartu masing-masing oleh perusahaan pada sebuah rak yang terletak did dekat mesin absensi ketika selesainya mereka didata terlebih dahulu. Setelah itu, para pegawai harus memasukkan kartu mereka dalam slot mesin absensi dan kemudian kartu tersebut akan keluar.

Kemudian, kartu yg keluar menurut mesin absen tadi akan tercetak informasi mengenai kapan pegawai tersebut masuk & pula pulang kerja. Informasi dalam kartu tersebut akan didata sang pihak kepegawaian untuk membuat daftar kehadian pegawai di perusahaan tadi.

Jika seorang pegawai tidak tepat waktu dalam memasukkan kartunya ke mesin absensi, maka kabar yg ada pada kartu tadi akan dicetak dengan tinta warna merah untuk menerangkan apabila pegawai tadi telat masuk kerja.Mesin Absensi Digital

Dengan perkembangan teknologi yg semakin sophisticated menciptakan mesin absen pula menggunakan metode yang lebih gampang buat dilakukan, galat satunya adalah dengan metode digital. Jenis mesin absensi ini dirasa lebih efisien oleh banyak penggunanya.

Biasanya, mesin absensi ini dilengkapi dengan aneka macam fitur, misalnya layar digital yang memperlihatkan saat & kabar lainnya, dan beberapa tombol yg berguna untuk para pegawai memasukkan password mereka.

Ketika menggunakan mesin absensi digital, sebuah perusahaan akan lebih mudah buat melihat berita tentang absensi seluruh pegawai mereka secara digital pada sebuah computer, & hal ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan mesin absensi yg masih menggunakan kartu manual.

Proses absensi yang relatif lamadan kurang mudah lantaran karyawan wajibmenginput data mereka terlebih dahulu sebelum mulai bekerja.

Mesin absensi digital ini meskipun telah cinggih ternyata juga mempunyai kekurangan, galat satunya merupakan kurang simpel. Ketika harus melakukan proses absensi, para pegawai wajibmemasukkan data atau PIN mereka terlebih dahulu sebelum mulai buat melakukan aktivitas pekerjaan.

Selain itu, kecurangan pula masih acapkali terjadi lantaran para pegawai masih mampu memberitahu data mereka kepada pegawai lain buat melakukan absen bagi mereka saat seorang pegawai telat masuk kantor.

Cara memakai

Seperti biasa, pegawai akan didata terlebih dahulu dalam sebuah sistem sebelum mendapatkan PIN atau password yang bisa mereka masukkan dalam mesin absen. Setelah itu, para pegawai bisa memasukka PIN atau password mereka pada mesin absen sebelum mereka melakukan kegiatan pekerjaan.Mesin Absensi Magnetic Card

Mesin absensi magnetic card ternyata telah digunakan   dari tahun 80 an. Mesin ini dapat dikatakan sebagai kombinasi menurut mesin absensi kartu manual & jua digital. Hal ini lantaran pendataan menggunakan kartu yg digesekkan dalam mesin absensi & data yang diperoleh akan berupa data absensi secara digital.

Mesin ini lebih modern bila dibandingkan dengan mesin absensi kartu manual buat mendata setiap pegawai di sebuah perusahaan.

Ketika seorang pegawai menggesekkan kartu (ID card) dalam slot mesin absensi, maka bukti diri mereka secara otomatis dapat terdeteksi sang sistem. Selain itu, harga dari mesin absensi ini  hampir sama dengan dengan mesin absensi kartu manual. Dengan harga yang terjangkau, mesin ini sangat cocok buat bisnis kecil & menengah.

Seperti biasa, pendataan absensi secara manual masih permanen memunculkan kecurangan lantaran pegawai data menitipkan ID card pada rekan mereka. Selain itu, mesin absensi magnetic card jua mempunyai kapasitas user yang terbatas.

Cara memakai

Para pegawai melakukan aktivitas abesnsi dengan cara menggesekkan kartu bukti diri (ID card) mereka masing-masing segera selesainya tiba pada tempat kerja sebelum memulai bekerja.Setelah itu, data pegawai yg masuk masuk secara otomatis ke sistem dan lalu diproses buat memungkinkan staf HRD melihat fakta mengenai kehadiran para pegawai tadi.

Aplikasi Absensi Berbasis Web

Jenis absensi ini digunakan buat mendata para pegawai secara online. Akan namun, alat yg dimaksud pada sini bukanlah mesin seperti mesin absensi dalam umumnya, tetapi sebuah pelaksanaan komputer yang dapat diakses melalu internet. Aplikasi ini bisa diakses oleh para pegawai melalui personal komputermereka masing-masing. Setiap pegawai akan diberikan username dan password. Hal ini membuat mesin absensi berbasis web sangat cocok bagi perusahaan yg pegawainya memakai personal komputeruntuk aktivitas pekerjaan sehari hari mereka.

Salah satu fitur penting yg dimiliki oleh sistem atau pelaksanaan absen berbasis web ini adalah dapat diakses dari mana saja & kapan saja. Hal ini membuat perusahaan yang memiliki poly cabang dapat memantau absensi seluruh pegawai mereka dalam satu sistem. Selain itu, data pegawai yg dihasilkan dari aplikasi absensi ini jua sangat akurat.

apabila sebuah sistem atau pelaksanaan harus memakai internet untuk menjalankannya, maka nir stabilnya koneksi pastinya menjadi kendala primer sistem tadi. Jika koneksi internet sedang down maka hal ini menciptakan sebuah perusahaan nir bisa mengakses sistem ini dengan lancer, apalagi bila lokasinya terletak di wilayah terpencil.

Cara menggunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *