10 Rekomendasi Printer Terbaik (terkini Tahun 2021)

Ketika ingin mencetak foto atau dokumen pada tempat tinggal, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi buat mencetak, namun dilengkapi pula dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, lantaran beberapa macam printer sudah bisa terhubung dengan smartphone.

Kali ini, kami akan memberikan ulasan buat menentukan printer menurut fungsinya, mulai menurut printer menggunakan fungsi tunggal sampai yang multifungsi. Selain itu, kami pula akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik buat Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!Pembaharuan terakhir: 18 Januari 2021

Sebelum memilih printer, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan penggunaannya. Kami akan mencoba membantu Anda memilih printer yang sesuai menggunakan kebutuhan.

Pilih berdasarkan metode pencetakan

Metode pencetakan pada printer terbagi menjadi 2, yaitu inkjet & laser. Kami akan menjelaskan perbedaan keduanya di bawah ini.

Printer inkjet buat mencetak foto & gambar

Printer inkjet adalah printer ukuran kecil yg biasa dipakai di tempat tinggal. Kelebihannya terdapat dalam output yang halus serta warna tajam untuk mencetak foto atau gambar. Harga unit printer inkjet jua terbilang murah dan gampang didapatkan.

Nmun, meski harga unitnya terjangkau, tinta printer ini mudah habis apabila dipakai terlalu tak jarang. apabila Anda ingin mencetak dalam jumlah poly, Anda harus membeli banyak tinta baru. Jadi, porto yg wajibAnda keluarkan pun sebagai lebih mahal.

Karena itu, bandingkan harga tinta sebelum memilih printer inkjet. Biasanya, tiap brand menghasilkan tintanya masing-masing menggunakan harga yg bhineka.

Printer laser buat mencetak pada jumlah poly

Printer laser merupakan printer menggunakan fitur lengkap yg bisa mencetak dalam jumlah poly misalnya mesin fotokopi. Dulu, printer laser hanya dipakai pada tempat kerja atau toko-toko akbar. Akan namun, belakangan ini timbul printer laser berukuran miniyang bisa digunakan di tempat tinggaldengan harga yang lebih terjangkau.

Keistimewaan printer ini adalah hasil cetakannya yang tahan air dan biayaoperasional yg lebih murah. Lantaran itu, harga unitnya menjadi mahal. Tetapi, apabila Anda seringkali mencetak dokumen pada jumlah poly, jenis ini akan lebih menguntungkan buat penggunaan jangka panjang.

Terdapat dua jenis printer laser, yaitu monokrom & warna. Meski tersedia printer laser yg mampu mencetak rona, resolusinya kalah menggunakan printer inkjet. Untuk hasil terbaik, pakai printer inkjet spesifik buat cetakan berwarna dan printer laser hanya buat mencetak dokumen.

Pilihlah produk dari fungsi utamanya

Ada aneka macam macam printer dengan majemuk fungsi, mulai berdasarkan yang mudah hingga yg kompleks. Kami akan memperkenalkan pada Anda tiga jenis pada antaranya.

Printer sederhana menggunakan fungsi tunggal buat mencetak saja

Printer menggunakan fungsi tunggal hanya bisa dipakai buat mencetak. Dibandingkan dengan printer lain yg memberikan aneka macam fungsi, harga printer ini paling terjangkau. Selain itu, ukuran yang kecil dengan desain yang sederhana membuatnya bisa diletakkan pada mana saja.

Walau hanya mempunyai fungsi tunggal, kerja printer ini sama seperti printer lain. Anda bisa mencetak foto, kartu ucapan, dokumen, & lain-lain dengannya. Jadi, jika Anda butuh printer hanya untuk keperluan mencetak, produk ini telah relatif buat dipakai.

Printer foto buat mencetak pribadi menurut kamera dan smartphone

Sesuai dengan namanya, printer ini digunakan hanya buat mencetak foto. Printer foto bisa langsung mencetak foto menurut smartphone dan kamera Anda tanpa membutuhkan komputer atau laptop. Malah, kinisudah poly penghasil yang membuat mobile printer yg ditujukan untuk smartphone.

Jika Anda hanya memakai printer untuk mencetak foto atau gambar, kami sarankan buat membeli printer ini. Sayangnya, ukuran yang mampu dicetak terbatas sebagai akibatnya tidak sanggup mencetak ukuran A4 dan B5.

Printer multifungsi buat copy, scan, dan fax

Selain berfungsi buat mencetak, printer multifungsi jua dilengkapi fitur buat fotokopi, scan, & mengirim fax. Karena memiliki aneka macam fungsi, produk printer ini adalah yg paling banyak dipilih, terutama buat penggunaan rumahan. Bahkan, sekarang telah hadir printer multifungsi yang bisa pribadi dihubungkan ke smartphone & kamera buat mencetak foto dan dokumen. 

Ukurannya memang lebih besardaripada jenis printer lainnya. Namun, tentu akan lebih ekonomis ruang bila Anda memiliki satu produk printer multifungsi dibandingkan membeli beberapa unit secara terpisah. Selain ekonomis ruang, listrik pula nir boros lantaran Anda bisa melakukan banyak hal hanya dengan satu printer. 

Jika Anda kerap menggunakan salahsatu berdasarkan ketiga fitur tambahan pada atas, printer multifungsi merupakan pilihan terbaik. Apalagi, fitur scan dalam printer jenis ini pula dapat mengubah dokumen atau foto dalam format PDF. Sungguh memudahkan Anda ketika ingin menyimpan dokumen pada bentuk soft copy.

Pilih dari jenis cartridge

Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, harga printer waktu ini memang jauh lebih murah. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga memperhitungkan porto penggunaan printer ke depannya, terutama buat pembelian cartridge. Berikut kami akan mengulas beberapa jenis cartridge beserta kelebihan & kekurangannya.

Integrated inkjet yg gampang diganti

Integrated inkjet terdiri dari cartridge yg berisi adonan lima-6 warna & cartridge warna hitam. Lantaran jumlah cartridge yang sedikit, jenis ini mudah diatur & diganti. Bagi Anda yang sering kesulitan mengganti cartridge, gunakanlah integrated inkjet yang simpel ini.

Kekurangan berdasarkan cartridge jenis ini merupakan jika keliru satu rona habis, tinta lainnya tidak dapat digunakan. Jadi, Anda harus membarui seluruh rona meski warna lain masih bersisa. Semakin acapkali dipakai, maka semakin banyak juga porto yg dikeluarkan untuk mengganti cartridge.

Lantaran itu, kami nir menyarankan Anda memakai jenis ini bila ingin mencetak foto atau dokumen berwarna pada jumlah banyak. Apalagi apabila Anda berencana mencetak foto duotone, niscaya akan sangat boros! apabila frekuensi mencetak Anda tidak terlalu tak jarang, jenis ini masih nir perkara buat dipakai.

Cartridge jenis ini memiliki wadah tinta terpisah-pisah setiap warnanya. Jika satu rona tinta habis, Anda dapat menukarnya dengan tinta baru yang bisa dibeli satuan. Lantaran cukup membarui rona yg habis saja, penggunaan cartridge jenis ini dapat menghemat porto operasional. 

Jika Anda acapkali mencetak gambar pada rona yang sama atau mencetak dalam jumlah tidak mengecewakan banyak, gunakan split inkjet cartridge. Namun, jangan sampai warnanya tertukar ketika diganti karena Anda wajibmembersihkan printer bila hal itu terjadi. Selain itu, proses pemasangan dalam jenis ini pula cukup memakan saat daripada jenis integrated inkjet. 

Toner yang dikhususkan buat printer laser

Toner merupakan cartridge yg digunakan khusus buat printer laser. Harganya memang lebih mahal apabila dibandingkan menggunakan jenis cartridge lainnya. Akan namun, cartridge jenis ini umumnya digunakan buat mencetak dalam jumlah akbar. Jadi, apabila dihitung-hitung, porto operasionalnya menjadi lebih murah karena satu toner dapat digunakan buat poly pencetakan.

Untuk Anda yg rutin mencetak dalam jumlah poly, pilihlah printer yg menggunakan toner cartridge. Tetapi, Anda pula wajibmenganggarkan biayabuat drum unit yang wajibdiganti setiap 3 kali penggantian toner.

Untuk printer inkjet, pilih jenis tinta sinkron kebutuhan

Tinta pada printer inkjet dibagi sebagai 2, yaitu tinta dye dan tinta pigment. Jenis tinta yang bisa digunakan pada tiap printer berbeda tergantung modelnya. Sesuaikan menggunakan kebutuhan Anda & pastikanlah sebelum membeli.

Tinta dye yang cerah buat mencetak foto atau gambar

Tinta jenis ini memiliki sifat larut pada air sebagai akibatnya tinta akan meresap ke pada kertas waktu dicetak. Karakteristiknya merupakan warna yg lebih cerah dengan hasil yang glossy. Jadi, tinta dye sangat dianjurkan buat Anda yang kerap mencetak gambar atau foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *