Mesin Mesin Tempat Kerja

PENGERTIAN PERLENGKAPAN KANTOR (OFFICE EQUIPMENT)

Perlengkapan kantor merupakan barang-barang yang dipakai buat membuat suatu pekerjaan kantor sesuai menggunakan yang dibutuhkan.Tujuan kantor nir akan tercapai tanpa adanya perlengkapan tempat kerja.Perlengkapan tempat kerja yang baik, akan memperlancar suatu proses suatu pekerjaan sebagai akibatnya pencapaian tujuan dapatdicapai secara efektif dan efisien.

Perencanaan tempat kerja yang baik, memerlukan pertimbangan dalam menentukan jenis-jenis perlengkapan tempat kerja (office equipment) yang meliputi perbekalan tempat kerja, mesin-mesin tempat kerja, alat-alat tempat kerja, perabot tempat kerja, interior tempat kerja, atau hiasan tempat kerja, dari urutan pekerjaan dan kecakapan yang diharapkan.Oleh karenanya, pengetahuan tempat kerja sangat krusial sebagai dasar menyusun perencanaan tempat kerja.Dari uraian diatas, bisa disimpulkan bahwa kegunaan perlengkapan tempat kerja yaitu:1.Untuk menunjang aktivitas pekerjaan kantor;2.Mempermudah dan mempercepat proses aplikasi aktivitas kantor;3.Memperoleh hasil yang lebih aporisma, baik, dan memuaskan;4.Sebagai asset dan pelengkap tempat kerja.

JENIS-JENIS PERLENGKAPAN KANTOR

Perlengkapan kantor meliputi seluruh barang yg diperlukan, baik barang beranjak maupun barang tidak berkiprah, sebagai sarana pendukung aplikasi tugas.1.Barang beranjak dibagi sebagai 2 jenis, yaitu:a.Barang habis gunakan merupakan barang-barang yg hanya bisa dipakai satu kali gunakan.Hal ini mengandung arti bahwa benda itu tidak selalu wajibhabis tanpa meninggalkan bekas pada pemakaiannya.Misalnya: kertas, karet penghapus, pensil, karbon, map (stopmap), tinta, blangko surat, dan sebagianya.b.Barang tidak habis pakai adalah barang-barang yang bisa dipakai berulang kali dan tahan usang pada pemakaiannya.Misalnya: mesin tik, pelubang kertas, gunting, hecter, pesawat telepon, lemari, arsip, OHP (over head projector), dan sebagainya.dua.Barang tidak beranjak, contohnya tanah, gedung, dan bangunan.

asal : http://leni-haryanti.blogspot.com/2012/11/perlengkapan-kantor_383.html

Ternyata, mesin fotocopy yang ada saat ini berasal berdasarkan kepayahan yang dialami seorang laki-lakibernama Chester F. Carlson. Pada awalnya Ia adalah pekerja pada sebuah perusahaan analisis paten buat pembuat produk elektronika. Tugasnya ketika itu merupakan menyalin seluruh dokumen dan gambar paten ke pada beberapa dokumen. Tentu, ini merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan lantaran membutuhkan saat yang tidak sedikit, bahkan berjam-jam.Kemudian Carlson berfikir bagaimana caranya menggandakan dokumen dengan cepat dan mudah agar pekerjaannya itu mudah dilakukan. Ia pun membaca berbagai kitabtentang mesin cetak. Akhirnya suatu hari Carlson menemukan pandangan baru cemerlang dengan konsep elektrofotografi yang kinikita kenal dengan mesin fotocopy.

Penelitian dan percobaan terus dilakukannya buat menyempurnakan hasil penemuannya tadi. Usahanya dimulai dalam tahun 1938 yaitu menggunakan bereksperimen dengan memanfaatkan serbuk jelaga (karbon) dan penyinaran cahaya untuk memindahkan suatu goresan pena berdasarkan medium satu ke medium lain. Carlson jua memakai konsep hoto-conductivity yang pada dasarnya, dengan proses ini, gambar bisa digandakan dengan proses perubahan elektron tersebut.

Di lalu hari inovasi Carlson ini dikenal dengan nama xerography. Nama xerography berasal menurut bahasa Yunani, xeros (kemarau) dan graphos (menulis). Xerography merupakan teknik pengembangan menurut elektrografi karena dalam prosesnya tidak melibatkan cairan kimia, tidak misalnya teknologi elektrografi sebelumnya. Teknik ini kemudian dipatenkan pada 6 Oktober 1942.

Selama beberapa tahun Carlson mencoba buat terus menyempurnakan temuannya. Carlson pula mencoba ke berbagai perusahaan buat menjual penemuannya itu. Tetapi banyak perusahaan yang menolak mesin temuannya itu karena pada ketika itu inovasi Carlson dianggap nir berguna & tidak mempunyai masa depan yg menjanjikan.

Setelah berusaha dengan sangat keras & hampir putus asa, Carlson mendapat kawan pertamanya yaitu Batelle Memorial Institute yg bersedia menaruh kapital. Dengan kawan pertamanya itu Carlson berhasil meyakinkan Haloid, sebuah perusahaan menengah Haloid Corporation, New York yang menjual kertas foto, buat menjadi mitranya pada pengembangan temuannya itu.

Haloid Company lalu mengenalkan produk mesin fotokopi pertama itu menggunakan nama Xerox. Haloid Company pun berubah namanya menjadi Xerox Company. Mesin fotocopy ini kemudian dibuat secara besar -besaran pada tahun 1951. Dari ketika ke ketika, teknik fotocopy semakin berkembang. Selain bisa menyalin & melipatgandakan dokumen menggunakan cepat & dalam jumlah yg poly, mesin ini juga dapat memperbesar & memperkecil dokumen. Bahkan sekarang mesin fotocopy telah mampu menyalin dokumen yang berwarna. Berkat penemuan Carlson ini, kinikita dapat dengan gampang, murah dan cepat menggandakan sebuah dokumen.

SUMBER : http://engineeringtown.com/kids/index.php/inovasi/149-sejarah-mesin-fotocopy

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks adalah teknologi telekomunikasi yg digunakan buat menyalin dan mengirimkan dokumen yang serupa menggunakan aslinya, memakai jaringan telepon ke mesin fax penerima yg lalu sanggup dicetak dikertas. Kata faksimile berasal berdasarkan bahasa latin yaitu ‘fac simile’ (make similar), yg ialah menciptakan salinan yg sama menggunakan aslinya. Di berbagai loka, mesin faks pula dikenal menjadi telecopier.

Mesin faks pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1843 sang Alexander Bain, seseorang fisikawan Skotlandia. Awalnya Alexander Bain tengah membuatkan alat komunikasi yang disebut telegraf. Penemuan inilah yang menjadi bentuk awal dari mesin faks. Mesin faks buatan Bain ini berdasarkan prinsip kerja jam elektrik yg sebelumnya dia temukan.

Pada tahun 1862, fisikawan Italia Giovanni Caselli membentuk sebuah mesin yg beliau disebut pantelegraph (perpaduan antara pantograph dan telegraf), yg didasarkandalam inovasi Bain. Ia lalu membuka layanan komersial telefaks yang pertama antara Lyon dan Paris, dalam tahun 1865.

Ide tentang mesin faks ini lalu diperbaiki oleh Frederick Bakewell yang menciptakan beberapa pemugaran dalam desain awal Bain. Kemudian pada tahun 1851, Bakewell mendemonstrasikan karyanya tersebut pada suatu pameran akbar di London. Ternyata sistem awal yg dibentuk sang Bakewell & Bain masih sangat lemah & hanya bisa membuat gambar dengan kualitas tidak baik. Hal ini terjadi karena masih belum sesuainya prosedur pada sistem pengiriman & penerimaan.

Kemudian seseorang penemu dari Inggris, Shelford Bildwell, menyusun suatu scanning phototelegraph, yaitu suatu telefaks mesin pertama yang bisa melakukan scanning dalam bentuk dua dimensi. Penemuan itu terus dikembangkan sang para ahli sampai dalam tahun 1929 ditemukan hellschreiber oleh Rudolf Hell, yg sebagai penggagas awal dalam mekanisme pengiriman & scanning dokumen dalam mesin faks.

Selama bertahun-tahun, mesin faks permanen rumit, mahal dan sulit untuk dipakai, tetapi pada tahun 1966 Xerox memperkenalkan telecopier Magnafax, mesin faks yang lebih gampang digunakan dan dapat dihubungkan ke saluran telepon. Dengan memakai mesin ini, dokumen surat membutuhkan ketika sekitar enam mnt buat dikirimkan. Walaupun prosesnya lambat, tetapi dalam waktu itu, hal tadi telah merupakan sebuah kemajuan teknologi yg besar .

Meskipun peralatan buat mengirimkan dokumen cetak secara elektro telah terdapat semenjak awal abad ke-19, tetapi mesin faks mulai poly dipakai & dipercaya menguntungkan dalam pertengahan tahun 1970-an. Mesin faks digital pertama pada masa itu menjadi sangat popular pada Jepang lantaran adanya kebutuhan yang sangat krusial terhadap mesin faks. Kemudian mesin faks sebagai begitu mudah dijangkau sebagai akibatnya akhirnya populer ke semua global.

Seiring berjalannya ketika, mesin faks terus mengalami perkembangan, terutama dalam hal perbaikan kecepatan transmisinya (pengirimannya). Hal ini terjadi karena semakin besarkecepatan transmisi, semakin cepat pula dokumen dapat terkirimkan.

SUMBER : http://de-alvin.blogspot.com/2011/10/pengertian-

Mesin stensil adalah mesin produsen dokumen berbentuklembaran dalam jumlah banyak dengan menggunakan pembantu “kertas master” yang Cash Register diklaim menggunakan stensil sheet atau sit stensil.

Bagian – bagian mesin stensil :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *