Memilih Lokasi & Merencanakan Fasilitas Usaha Pengantar Kewirausahaan

MEMILIHLOKASI DAN MERENCANAKAN FASILITAS USAHA

20141.1 Latar Belakang

Didalam membentuk sebuah usaha,seorang entrepreneur atau yg seringdisebut menggunakan seseorang wirausaha harus mampu membaca tempat yang palingstrategis & fasilitas buat menunjang kelangsungan usaha yg akan dibangun.Banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) dibangun sang masyarakat nir mampu yang kemudianbersaing dengan para pesaing dengan jenis produk yg sama. Kekalahan dalambersaing itu salahsatu penyebabnya adalah galat upaya pada memutuskan tempatyang tepat & fasilitas yg sinkron dengan jenis bisnis yang dijalani.

Dalammembuat rencana usaha, pemilihan lokasi bisnis merupakan hal utama yg perludipertimbangkan. Lokasi strategis menjadi keliru satu faktor penting dan sangatmenentukan keberhasilan suatu bisnis. Banyak hal yg harus dipertimbangkandalam memilih lokasi, sebagai salahsatu faktor mendasar, yg sangat berpengaruhpada penghasilan & porto, baik biayapermanen maupun biayavariabel. Lokasiusaha jua akan herbi perkara efisiensi transportasi, sifat bahanbaku atau sifat produknya, dan kemudahannya mencapai konsumen. Lokasi jugaberpengaruh terhadap kenyamanan pembeli dan jua pemilik usaha. Bagiwirausahawan pemula, sebaiknya berhati-hati pada memilih lokasi usaha,jangan hingga berasal pilih lokasi.

Selainpenentuan lokasi, salahsatu aspek yang pula dipercaya penting dalam menjagaagar bisnis permanen berjalan dengan posisi keuangan yg profit adalahmerencanakan fasilitas usaha. Fasilitas bisnis yang dimaksud berupa fasilitasyang diberikan demi memuaskan para konsumen seperti fasilitas keamanan denganadanya kamera CCTV dan security padasebuah minimarket yg dapat memberikanrasa kondusif pada konsumen waktu sedag berbelanja sehingga konsumen nir akantakut apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya kemalingan & lainsebagainya. Fasilitas bisnis tidak hanya menurut segi keamanan saja, tetapiterdapat beberapa fasilitas bisnis yang akan menaruh pengaruh yg sangatpositif pada dalam global usaha.

Suatu usaha akan mampubersaing bila pengusaha mampu melihat & memilih tempat atau lokasi usaha yangstrategis demi menunjang kelancaran usahanya, selain itu untuk membuat minatkonsumen tidak berkurang atas produk juga jasa yg kita jual, seorangpengusaha wajibsanggup merencanakan fasilitas usahanya sebaik mungkin. Olehkarena itu, penulis menciptakan makalah yang membahas tentang “Memilih Lokasi Usaha & Merencanakan FasilitasUsaha”.1.2 RumusanMasalah

Berdasarkan latar belakang dapatdiperoreh rumusan perkara sebagai berikut:

Apafaktor yang mensugesti pengusaha pada memilih lokasi bisnis?

Apa alasan pengusaha memilih lokasibisnis dirumah?

Bagaiman merancang fasilitas fisikdalam bisnis?

Bagaiman merancang toko penyalur?

Bagaimana menyusun atau melakukanpenempatan alat-alat?

Apa keuntungan pada memilih lokasiusaha yg tepat?

Apa akibat apabila salahmemilihlokasi usaha?1.3 Tujuan

Adapun tujuandari pembuatan makalah ini yaitu:

Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengusaha pada menentukanlokasi bisnis.

Untuk alasan pengusaha memilih lokasi bisnis dirumah.

Untuk mengetahui cara merancang fasilitas fisik dalam bisnis.

Untuk mengetahui cara merancang toko penyalur.

Untuk mengetahui menyusun atau melakukan penempatan peralatan.

Untuk mengetahui keuntungan pada memilih lokasi usaha yang sempurna.

Untuk mengetahui akibat bila salahmenentukan lokasi bisnis.2.1 Enam Faktor Kunci Memilih Lokasi Usaha yang Ideal

Memilihlokasi bisnis merupakan salahsatu kegiatan awal yang baru dilakukan sebelumperusahaan mulai beroperasi. Lokasi merupakan salahsatu faktor krusial bagi perusahaankarena dapat menghipnotis perkembangan & kelangsungan hidup perusahaan.Menentukan lokasi suatu perusahaan/pabrik wajibdilakukan sebaik mungkin agardapat beroperasi/berproduksi dengan lancar, porto operasi rendah, dan mungkinperluasan pabrik atau loka bisnis dimasa yg akan datang.

Terdapat6 (enam) faktor kunci pada memilih lokasi bisnis yg ideal, antara lain adalahsebagai berikut:

Tersedianya sumberdaya, terutama bahan mentah menjadi bahan baku produksi, energi kerja saranatransportasi akan membantu pengusaha pada banyaak hal. Paling tidak, sumberdaya tadi bisa berhemat biaya , sebagai akibatnya produk bisa dibuat dengan biayarendah yang pada akhirnya akan sanggup bersaing menggunakan produk para pesaingterdekatnya. Kedekatan menggunakan bahan mentah disamping dapat berhemat porto,juga akan memastikan kelangsungan hidup perusahaan terjamin karena bahan bakutersedia melimpah & pada jangka panjang dapat diandalkan. Tersedianya ataumudahnya memperoleh energi kerja yang diperlukan akan berhemat danmenguntungkan perusahaan, karena akan meminimalkan tingkat absensi pegawai. Jikatenaga kerja harus diperileh dari lokasi yg jauh berdasarkan perusahaan secara tidaklangsung akan merugikan menurut pegawai itu tersendiri, terutama ketika pergi pergikekantor & pergi ketempat tinggalnya akan memerlukan ketika dan biayayangsignifikan. Tersedianya sarana transportasi secara nir pribadi akan memberikeuntungan bagi perusahaan, para karyawan maupun pelanggan terutama dalam saatproduk akan disalurkan ketempat tujuan tidak terkendala sarana transportasi.

2. Pilihan langsung wirausahawan

Pertimbangan pilihandalam menentukan loka usaha diubahsuaikan dengan cita-cita bertenaga wirausahawanitu sendiri. Misalnya, faktor pertimbangan keuangan yang nir memadai,sebaiknya memilih wilayah diluar kota menggunakan pertimbangan tanah yg relatifmurah, sebagai akibatnya menggunakan mdal terbatas mampu membeli loka bisnis yang lebih luasdiluar kota. Dapat jua menghemat pengeluaran yg umumnya buat porto sewarumah bagi pegawainya jua jauh lebih murah, porto hidup pula lebih murahsehingga pegawainya bisa digaji lebih kecil, upah buruh diluar kota jugarelatif kecil jika dibandingkan menggunakan pada DKI Jakarta, sehingga biayaeksploitasi perusahaan bisa dihemat. Pilihan atau pertimbangan lain, misalnyamemilih lokasi bisnis didaerah puncakatau wilayah wisata lain, misalnya memilihtempat bisnis dipulau bali, sebagai akibatnya taerget konsumen atas produk/jasa yang kitajual, tidak hanya ditujukan dalam wisatawan domestik atau lokal, tetapi dapatjuga ditujukan kepada caolon pembeli wisatawan asing.

3. Pertimbangan gaya hidup keluarga

Wirausahawan memilihgaya hidup menggunakan focus semata-mata lebih menaikkan keharmonisan rumah tanggaatau keluarga daripada kepentingan usaha. Keluarga sebagai pertimbangan utamadalam menentukan tempat bisnis. Artinya, tenaga, pikiran, ketika & lain-laindiperuntukan bagi keutuhan dan keharmonisan keluarganya, bukan semua dayaupaya hanya buat kepentingan usaha semata.

4. Kemudahan dalam mencapai konsumen

Seorang pengusaha dalammenentukan loka usaha berorientasi dalam pasar (sentra konsentrasi parakonsumen berada). Pasar atau tempat penjualan sebagai prioritas dalammempertimbangkan sukses bisnisnya.

Seorang pengusahamemilih lokasi dengan lingkungan bisnis bertumbuh & berkembang dan jugasebagai tempat atau sentra bisnis. Sebagai contoh, pilihlah loka usahadidaerah Glodok, Kelapa Gading, Tanah Abang dan sebagainya, atau apabila inginmendirikan pabrik pilihlah suatu wilayah dilingkunag kawasan industri. Contohnyamemilih lokasi tempat industri Pulo Gadung, Jakarta timur dan sekitarnya.Intinya adalah kondisi lingkungan usaha sebagai pertimbangan primer dalam menentukanlokasi bisnis. Dengan mempunyai lokasi usaha ditempat ini, pengusaha tidak lagimemikirkan lagi sarana & prasarana, baik bagi perusahaannya maupun bagi parapegawainya. Dilingkungan usaha, umumnya pemerintah telah membentuk sarana danprasarana lainnya yang memadai, seperti tersedianyaa rumah sakit, perumahan,sekolahan, loka ibadah, loka olah raga, pembangkit listrik, bahkan dibangunmall ataupuh hypermarket buat sentra belanja dan sebagainya.

6. Tersedianya tempat & biaya

Untuk menentukan usahanya,seorang pengusaha telah menyediakan loka tinggal, demikian juga biayanya,sehingga ia dapat memilih jenis usaha yg akan dijalankan dengan memilikitempat & biayatadi.2.2 Bisnis Bertempat di Rumah

Terdapat beberapaalasan buat memilih lokasi bisnis yang bertempat di rumah, yaitu:

Pertimbangan keuanganyang dimaksud merupakan bisa menghemat pengeluaran, baik buat keperluan sewatempat maupun menghemat porto transportasi, menghemat tenaga, berhemat waktudan lain sebagainya.

2. Pertimbangan gaya hayati famili

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *