Samsat Memiliki Berbagai Jenis Layanan, Berikut Beberapa Layanan Samsat

Samsat Digital Nasional
source gambar : samsatdigital.id

Pelayanan Samsat terus berkembang dan memiliki berbagai inovasi untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus pajak kendaraan. Seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat beragam macam alternatif pelayanan Samsat yang diberikan agar memudahkan masyarakat berwajib pajak kendaraan seperti Samsat digital.

Berikut beberapa jenis pelayanan dari Samsat yang dapat digunakan masyarakat.

Samsat Induk

Layanan Samsat satu ini merupakan layanan paling utama dan masih menerapkan sistem konvensional. Masyarakat perlu datang langsung ke Samsat dan mengikuti dari loket ke loket mulai dari loket pendaftaran, verifikasi, loket pembayaran pajak, dan yang terakhir loket penyerahan.

Layanan ini mungkin tidak cukup memuaskan masyarakat karena harus mengisi form yang disediakan secara manual, melakukan fotocopy berbagai berkas, antre di loket-loket, dan juga pembayaran dilakukan secara tunai.

Samsat Keliling

Ada juga samsat keliling, kemudahan pelayanan Samsat satu ini yaitu mereka menemui lingkup masyarakat. Layanan Samsat satu ini memakai mobil dan berada di tempat strategis, seperti dekat pasar, instansi tertentu, kampus, dan tempat lain sebagainya.

Gerai Samsat

Untuk Gerai Samsat ini berada di lokasi pelayanan publik. Jadi samsat hadir di tempat berkumpulnya banyak masyarakat, misalnya seperti mall atau pusat perbelanjaan. Dengan begitu, masyarakat bisa belanja sekaligus membayar pajak kendaraan mereka lewat gerai samsat tersebut.

Samsat Kecamatan

Ada juga yang namanya Samsat kecamatan, saat ini layanan samsat tersebut sudah dikembangkan pada kecamatan-kecamatan tertentu sekitar Jakarta. Setidaknya ada lima kecamatan dengan penerapan layanan Samsat untuk masyarakat DKI gunakan.

Samsat Digital Nasional

Pelayanan lain yaitu memakai aplikasi dengan metode terbaru dan memudahkan. Masyarakat tak perlu datang menuju kantor pelayanan. Mereka cukup memakai aplikasi samsat terbaru yaitu SIGNAL yang menggantikan Samolnas.

Selain bisa memudahkan masyarakat untuk mengurus pajak kendaraan, SIGNAL juga bisa memudahkan masyarakat untuk menyelesaikan pengesahan tahunan STNK, dan menyelesaikan sumbangan SWDKLJ.

Aplikasi SIGNAL ini menjadi implementasi transformasi pelayanan Polri dengan menghadirkan pelayanan yang tak hanya modern tetapi juga berkualitas dan aman. SIGNAL juga sudah bisa digunakan untuk banyak provinsi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *