Manfaat membaca dongeng Untuk Anak, Para Orang Tua Wajib Tahu

Manfaat membaca dongeng Untuk Anak, Para Orang Tua Wajib Tahu

Membaca dongeng adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan baik untuk anak dan orang tua. Tapi tentunya tak sekadar menyenangkan, namun kegiatan satu ini bisa sangat bermanfaat terlebih lagi untuk si kecil atau buah hati anda.

Membacakan cerita untuk anak tak harus menunggu sampai mereka paham, saat masih bayi meskipun anak belum paham apa pun, anda sudah bisa membacakan berbagai cerita. Lantas apa saja kira-kira manfaat dari membacakan dongeng untuk si kecil?

Manfaat Dari Membacakan Dongeng Untuk Si Kecil

Kegiatan satu ini memang lebih sering dilakukan sebelum si kecil tidur. Meskipun sebenarnya anda bisa kapan pun bercerita untuk buah hati anda. Seperti sudah dijelaskan jika kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Untuk manfaatnya adalah sebagai berikut ini.

1. Mempererat Ikatan Batin

Manfaat pertama adalah bisa mempererat hubungan orang tua dengan si kecil. Agar makin terjalin interaksi makin dekat, orang tua bisa bercerita sambil memeluk anak, atau membuat suara-suara yang lucu. Ini akan membuat anak makin tertarik dan tentunya lebih memperhatikan anda saat mendongeng.

2. Dapat Melatih Perkembangan Kognitif

Saat mendengar sebuah cerita, anak akan mulai berimajinasi dan tentunya akan mulai berpikir. Ini bisa melatih kecerdasan otak anak, dan bisa melatih perkembangan kognitif sang buah hati selama masa pertumbuhannya.

3. Memperluas Kosakata

Salah satu cara terbaik dan menyenangkan untuk menambah kosakata anak adalah dengan membacakan dongeng. Tentunya salam sebuah cerita atau dongeng akan ada cukup banyak kosakata. Semakin banyak kosakata yang didapatkan, maka semakin mudah dan cepat juga anak untuk mulai berbicara atau berkomunikasi, sehingga mereka akan lebih mudah dan lebih jelas dalam menyampaikan keinginan atau perasaannya.

4. Dapat Meningkatkan Kemampuan Interaksi Verbal

Anak yang sering dibacakan atau mendengarkan dongeng, maka mereka akan memiliki kemampuan interaksi verbal yang bagus. Tak sekadar bagus dalam bercerita secara langsung melalui ucapan, tapi juga bagus dalam interaksi verbal lainnya seperti menulis dan membaca. Tak sekadar itu saja, cukup sering membaca dongeng untuk si kecil diduga dapat membuat IQ anak lebih tinggi.

5. Banyak Pelajaran Hidup

Setiap dongeng memiliki pelajaran hidup yang dapat diambil. Ini pun sangat penting untuk bekal anak dalam menjalani kehidupan di masa depan, selain itu mendongeng bisa menjadi salah satu sarana menasehati yang lebih baik untuk anak. Untuk itulah penting memilihkan cerita yang sesuai dengan usai sang buah hati. Hal ini agar si kecil bisa memahami dongeng sehingga bisa mengambil hikmah atau pelajaran dalam cerita dongeng tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh si kecil jika sering dibacakan cerita. Jadi jangan sampai anda tidak membaca dongeng untuk buah hati anda. Melihat anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik tentunya menjadi hal paling menyenangkan untuk para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *