Mengatasi Anak Sembelit Mudah dilakukan dirumah

Mengatasi Anak Sembelit Mudah dilakukan dirumah

Ketika seorang anak mengalami sembelit maka para orang tua tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa sering terjadi pada anak. Akan tetapi, jika masalah sembelit ini tak kunjung sembuh dan terjadi lebih dari dua pekan maka anda perlu mengetahui cara mengatasi anak sembelit dan para ibu juga perlu membawanya ke dokter. Selain itu, dokter juga tentu akan meminta para ibu untuk tetap mengawasi seberapa sering sikecil  seberapa besar dan kerasnya feses yang dikeluarkan dan apakah terdapat darah pada feses sikecil.

Gejala dan cara mengatasi anak sembelit

Sebelum mengetahui cara mengatasi sembelit, maka para orang tua juga perlu mengetahui gejala-gejala sembelit pada balita. Perlu anda ketahui bahwa setiap anak yang mengeluarkan feses dengan ciri-ciri kering, keras dan besar disertai dengan rasa sakit ketika buang air besar maka biasanya mereka mengalami sembelit atau konstipasi. Selain itu, para ibu juga perlu mengetahui gejala masalah pencernaan lainnya yang bisa muncul bersamaan dengan konstipasi . Adapun ciri-ciri yang biasanya terjadi adalah sakit perut, perut kembung, rasa tidak nyaman diperut, kehilangan rasa makan hingga rewel serta menangis atau berteriak ketika sedang buang air besar.

Gejala-gejala tersebut terjadi biasanya jika anak mengkonsumsi makanan yang rendah serat. Oleh karena itu, memberikan makanan berserat merupakan cara tepat mengatasi anak sembelit. Selain itu, anak juga bisa mengalami konstipasi jika ia makan terlalu banyak keju, yoghurt atau selai kacang sementara ia tidak cukup banyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan gandum. Salah satu penyebab anak balita susah BAB adalah mengalami konstipasi karena ia terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan, terlalu manis dan rendah serat.

Cara tepat mengatasi anak sembelit

 Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sembelit pada anak adalah dengan memberikan cukup makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Probiotik dan bakteri baik sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Mengkonsumsi probiotik juga sangat penting terutama sebelum dan sesudah perawatan antibiotik. Selain itu, anda juga perlu menghindari makanan berpengawet karena makanan yang mengandung pengawet bisa membuat pencernaan anak terganggu. Makanan ini tidak mengandung nutrisi dan mengganggu keseimbangan bakteri baik didalam sistem pencernaan yang bisa menyebabkan konstipasi dan masalah lain pencernaan.

Adapun mengatasi anak sembelit dengan cepat dan tepat di rumah adalah dengan menyajikan buah dan sayur untuk sikecil. Kubis, Pir, pepaya, kelapa, ubi dan asparagus merupakan makanan berserat tinggi yang bisa mengobati konstipasi. Oleh karena itu, berikan si kecil variasi makanan tersebut setiap hari secara seimbang agar sistem pencernaan selalu sehat. Anak juga perlu diberikan enema sebelum tidur. Jika sulit, anda juga bisa memberikan anak jahe, mint, atau teh kamomil dengan madu. Saikan minuman tersebut untuk anak untuk mengatasi sembelitnya.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *